Cara Mengetahui Beberapa Perbedaan Antara Kista Dan Miom | cabayu blog

Perbedaan Kista Dan Miom
Perbedaan Kista Dan Miom

Perbedaan  Kista Dan Miom ~ Ketika kita berbicara masalah kista maupun miom, pastinya semua orang sudah tahu akan penyakit ini. Tetapi banyak juga diantara mereka yang menganggap kedua penyakit adalah sama saja padahal nyatanya keduanya jelas berbeda. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana Perbedaan  Kista Dan Miom secara detail.

Sebenarnya baik kista maupun miom memiliki persamaan yaitu sama-sama tubuh pada bagian reproduksi namun berbeda tempat. Sebenarnya kista dapat tumbuh dimana saja sehingga terdapat berbagai macam jenis kista berdasarkan tempat tumbuhnya.

Untuk lebih jelasnya,akan lebih baikjika kita membahas satu persatu dari kedua penyakit ini baru kemudian kita menarik kesimpulan antara perbedaan keduanya.

1. Kista

Perbedaan Kista Dan Miom
Perbedaan Kista Dan Miom

Sebenarnya setiap benjolan yang muncul pada tubuh yang berisi cairan bisa disebut kista. Namun karena cenderung sering disebutkan sebagai penyakit pada reproduksi wanita maka pengunaan istilah kista akan menjadi aneh bagi orang awam. Kista terbentuk dari semacam jaringan berupa kantung yang berisi cairan kental maupun hanya berisi udara. Bahkan ada beberapa kista yang berisi rambut dan cairan kecoklatan (endometeriosis). Kista dapat membesar dan menganggu kinerja organ disekitarnya. Kista biasanya terdapat di rahim, saluran telur, indung telur, dan juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan).  Kista sering tidak disadari keberadaannya pada reproduksi wanita karena memang tidak menimbulkan gejalapada awalnya. Kista hanya dapet dideteksi dengan pemeriksaan seperti USG.

Belum ada kepastian tentang penyebab terjadinya kista tetapi faktor yang sering disebutkan adalah karena bahan yang bersifat karsinogenik seperti polusi dan bahan kimia. Kista termasuk kedalam tumor jinak sehingga dalam penanganannya tidak membutuhkan operasi besar. Ada dua jenis kista secara umum, yaitu neoplastik dan non-neoplastik. Kista neoplastik adalah kista yang tumbuh membesar sehingga penanganannya memerlukan operasi. Hal ini tergantung pada ukurannya. Sedangkan kista non-neoplastik adalah jenis kista yang akan menghilang dengan sendirinya.

Gejala pada kista biasanya ditandai dengan rasa nyeri saat mengalami menstruasi, terkadang rasa sakit juga dirasakan diluar masa menstruasi. Perut terasa penuh meski tidak makan atau pun minum. Penderita kista juga sering mengalami rasa nyeri saat berhubungan seksual. Ketika kista mulai membesar dan menekan organ sekitarnya seperti kandung kemih maka keinginan untuk selalu buang air kecil maupun besar akan sering terjadi. Rasa nyeri juga sering dirasakan pada daerah pinggang menjalar sampai ke punggung.

2. Miom / Mioma

Perbedaan Kista Dan Miom
Perbedaan Kista Dan Miom

Berbeda dengan kista miom terbentuk dari jaringan otot atau daging sehingga bentuknya padat. Miom biasanya tumbuh pada dinding rahim yang terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal. Hal inilah yang mendasari  Perbedaan antara Kista Dan Miom. Miom juga termasuk kedalam tumor jinak akan tetapi pertumuhannya dapat mengganggu organ sekililingnya.

Penyebab tumbuhnya miom sering di kaitakan dengan aktifitas hormonal. Karenanya Miom banyak ditemukan pada mereka yang berada pada usia produktif dan menyusut pada masa menopause. Faktor lainnya juga disebabkan oleh kondisi stress yang tidak terkendali. Secara tidak langsung ini dapat menganggu keseimbangan hormon. Hal ini juga diperparah dengan keadaan lingkungan yang banyak polusi.

Gejala utama yang menandakan adanya miom pada wanita ialah pada siklus haid yang tidak teratur terkadang sebentar ataupun lama,  serta kuantitas darah yang keluar lebih banyak daripada keadaan normal. Akibatnya wanita penderita miom sering juga di ikuti oleh gejala anemia seperti lemas dan mudah lelah. Gejala lainnya hampir serupa dengan kista seperti perut membesar, sering berkemih maupun sakit saat hubungan seksual.

Setelah kita membahas satu persatu tentang kedua penyakit diatas, maka kita dapat mengambil beberapa poin tentang Perbedaan Kista Dan Miom yaitu :

  1. Perbedaan pertama terletak pada bentuk serta kandungannya. Kista merupakan jaringan berupa kantung yang biasanya berisi cairan atau udara. Sedangkan pada miom berbentuk dari jaringan otot sehinggan bentuknya padat seperti daging.
  2. Terdapat perbedaan tempat tumbuh. Sebagian miom biasanya tumbuh didalam  saluran rahim, sedangkan kista bisa tumbuh di rahim, saluran telur, indung telur, di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan).
  3. Perbedaan yang kontras dari keduanya adalah terletak pada gejalanya. Jika pada kista gejala yang timbul lebih kepada rasa nyeri pada awal masa menstruasi serta baik hari pertama maupun kedua serta diluar masa menstruasi. Sedangkan pada miom justru cenderung kepada siklus menstruasi yang tidak teratur, masa haid yang lebih panjang, serta kuantitas darah yang keluar lebih banyak dari biasanya.

Itulah sekilas tentang Perbedaan Kista Dan Miom. Meski keduanya tidak beresiko menyebabkan kanmker akan tetapi pertumbuhannya tentu saja sangat mengganggu kehidupan reproduksi wanita. Semoga dengan inikita lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *