Ini Dia Beberapa Jenis Makanan Penambah Trombosit Darah Yang Rendah

Makanan Penambah Trombosit Darah
Makanan Penambah Trombosit Darah

Makanan Penambah Trombosit Darah ~ Semua orang pasti pernah mengalami luka pada bagian tubuhnya baik itu luka kecilmaupun luka yang parah. Jika kita perhatikan dengan seksama, ketika terjadi luka pada tubuh dan terjadi pendarahan tak lama setelah itu terdapat seperti bekuan darah yang mengering dan menghentikan pendarahan yang terjadi. Hal tersebut karena darah memiliki kadar trombosit.

Apa Itu Trombosit ?

Darah terbentuk dari berbagai komponen salah satunya adalah trombosit. Trombosit atau disebut juga platetet adalah sel-sel kecil yang berbentuk oval dan berfungsi dalam proses pembekuan darah. ketika terjadipendarahan akibat luka maupun karena pembuluh darah yang pecah, trombosit akan berkumpul di daerah tersebut dan membantu menutup kebocoran.  Trombosit akan bekerja dengan menutupi pembuluh darah yang rusak dan membentuk benang-benang fibrin seperti jaring-jaring yang akan menutup kerusakan tersebut. Trombosit bertahan hidup hanya sekitar 9 hari dalam aliran darah dan secara konstan akan digantikan oleh sel-sel baru.

Trombosit sendiri dibentuk di dalam sumsum tulang dalam bentuk yang lebih besar yang disebut dengan megakariosit (sel dengan inti yang besar), kemudian mengalami pematangan menjadi trombosit yang tidak memiliki inti sel lagi dan beredar di peredaran darah. Selain berfungsi untuk menutup kebocoran darah, ternyata trombosit juga memiliki fungsi sebagai pertahanan tubuh dari serangan virus maupun bakteri kemudian dengan bantuan sel-sel kekebalan tubuh lainnya menghancurkan virus dan bakteri di dalam trombosit tersebut.

Trombosit yang rendah sering dijumpai pada penderita demam berdarah. Ketika trombosit darah turun akibatnya secara otomatis kekebalan tubuh juga ikut melemah. Akibatnya anda menjadi semakin tak berdaya dalam melawan penyakit tersebut.

Ketika anda mengalami penurunan trombosit pada darah anda maka pendarahan akan lebih mudah terjadi dan sulit sekali untuk dihentikan. Sebagai cara alami untuk meningkatkan kadar trombosit darah anda,  beberapa dibawah ini adalah Makanan Penambah Trombosit Darah.

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin K yang tentunya baik untuk meningkatkan trombosit darah yang rendah. Vitamin K yang ditemukan dalam sayuran hijau membantu meningkatkan kadar trombosit darah dan membantu mereka untuk  menempel satu sama lain sehingga lebih efektif dalam pembekuan darah bila diperlukan.

Buah Delima

Delima kaya akan zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi kadar trombosit dalam darah. Selain itu buah delima juga baik jika dikonsumsi oleh penderita dmam berdarah

Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan lain yang dapat meningkatkan trombosit dan sel darah lainnya. Dr Bill Sears menjelaskan bahwa bawang putih mengalikan sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih juga membuat platelet saling menempel dan menyumbat pembuluh darah.

Hati

Baik hati ayam maupun hati sapi merupakan makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Namun perlu diperhatikan jika cara memasaknya yang salah maka dapat mengganggu kesehatan.

Tiram

Mineral dan zinc dalam tiram dasarnya membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat sel-sel darah seperti trombosit berjuang lebih keras untuk melindungi tubuh. Dr Sears menyarankan agar orang dewasa mendapatkan 15 sampai 25 mg seng setiap hari.

Kismis dan Kurma

Kandungan zat  besi dalam kismis dan kurma  mencapai 30% hal ini tentunya bermanfaat untuk pembentukan sel keping darah. Sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa pada kurma sebagai bahan penyusun granula trombosit.

Daun Jambu Biji

Senyawa quercentin dalam daun jambu biji dapat menambah jumlah trombosit darah. Daun jambu biji biasanya dijadikan sebagai obat demam berdarah diamana senyawa quercentin ini dapat menghambat enzim pembentukan RNA virus dengue.

Baca Juga : Cara Menaikkan Trombosit Darah

Makanan Penambah Trombosit Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *