Waspadai Dan Kenali Ciri Serta Gejala Kista Pada Wanita Sejak Dini |cabayu.com

Kenali Ciri Serta Gejala Kista Pada Wanita
Kenali Ciri Serta Gejala Kista Pada Wanita

Kenali Ciri Serta Gejala Kista Pada Wanita ~ Kesehatan organ reproduksi memang sangat penting untuk dijaga, terutama bagi wanita. Kenapa ? Sering kita dengar bahwa wanita sangat rentan sekali terkena gangguan pada daerah organ reproduksi serta banyak sekali kasus kematian yang disebabkan olehnya. Ketika anda para wanita mulai merasakan ada hal yang tidak beres dengan daerah reproduksi anda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan secara klinis. Pasalnya kebanyakan dari wanita terlambat menyadari penyakit pada organ reproduksi akibat menyepelekan gejala yang sering mereka rasakan. Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan ?

Salah satu dari gangguan pada organ reproduksi yang sering dialami wanita ialah kista. Kista merupakan sejenis kantung jaringan yang biasanya berisi cairan kental atau semi kental yang dapat berkembang dan membesar. Kista tidak hanya tumbuh pada ovarium wanita tetapi bisa tumbuh dimana saja. Namun kebanyakan masyarakat lebih mengetahui bahwa kista merupakan penyakit pada ovarium wanita. Asumsi masayarakat juga terkadang menyamakan antara miom, kista dan  kanker serviks seharusnya mendapat penjelasan yang ilmiah dari praktisi kesehatan.

Penyakit kista dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya polusi ugdara dan debu. Radikal bebas pada asap kendaraan  maupun pabrik dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga mempermudah tumbuhnya kista Selain itu, faktor makanan juga berpengaruh terhadap tumbuhnya kista. Terlalu banyak konsumsi makanan berkolestrol tinggi dapat meningkatkan jumlah lemak jahat dalam tubuh. Lemak ntersebut tidak dapat dipecah sehingga menyebabkan hormon esterogen meningkat.

Kista tergolong  kedalam tumor jinak karena tidak memerlukan operasi besar untuk pengangkatannya. Akan tetapi berdasarkan tingkat keganasannya kista dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kista non-neoplastik yang bersifat jinak dan akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 2 sampai 3 bulan. Jenis kista yang kedua yaitu kista neoplastik. Dalam penanganannya kista jenis ini memerlukan operasi tetapi tergantung pada sifat dan ukurannya.

Ciri- Ciri Dan Gejala Penyakit Kista Pada Ovarium

Kenali Ciri Serta Gejala Kista Pada Wanita. Pada dasarnya kista dapat disembuhkan baik secara medis maupun  non medis. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti menjadikan anda utuk bersikap santai saja terhadap kemungkinan penyakit tersebut. Bukankah pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Ciri-ciri yang umum untuk mengenali penyakit kista pada ovarium adalah adanya gangguan pada saat menstruasi. Pada awal kemunculannya seringkali kista tidak menimbulkan ciri ataupun gejala karena kista kecil belum terlalu mengganggu. Jalan terbaik ialah dengan memeriksa organ reproduksi  ke dokter spesialis untuk pencegahan dini. Meskipun dikategorikan sebagai tumor jinak, tetapi masalah akan terjadi ketika kantung jaringan kista tersebut pecah dan dapat menimbulkan pendarahan. Kista juga akan berdampak pada kesuburan wanita sehingga cenderung sulit mendapatkan keturunan bahkan kista endometriosis.

Berikut adalah  gejala penyakit kista yang sering dirasakan oleh penderitanya :

  • Perut terasa penuh atau kembung akibat jenis  kista yang mengalami pembesaran
  • Nyeri  ketika memasuki masa  haid, pada beberapa kasur nyeri yang amat sangat bisa menyebabkan pingsan
  • Darah yang keluar saat menstruasi cenderung banyak ataupun sedikit
  • Nyeri pada perut yang sangat hebat sering disertai mual atau muntah
  • Saat kista  mengalami pembengkakan maka intensitas buang air kecil jadi lebih sering karena kista menekan kandung kemih
  • Keluhan sakit pada pinggang bagian belakang
  • Sakit yang tidak biasa saat melakukan hubungan intim
  • Rasa sakit seperti di gigit semut di bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian

Kenali Ciri Serta Gejala Kista Pada Wanita. Meskipun kista merupakan tumor yang jinak tetapi pertumbuhannya tentu sangat merugikan karena merupakan jaringan abnormal. Perbaikan pola hidup seperti menghindari makanan yang berlemak serta memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang kaya akan anti oksidan sangatlah membantu untuk mencegah tumbuhnya kista pada ovarium. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi juaga tak kalah pentingnya dalam mencegah kista. Akan lebih baik lagi jika langkah pencegahan di atas dibarengi dengan pemeriksaan secara klinis menggunakan ultrasonografi maupun CT-scan.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan serta menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi.

Kenali Ciri Serta Gejala Kista Pada Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *